Computed Radiology Sarana Baru Penunjang Pelayanan dan Pendidikan di RSH UA

4

Sebagai rumah sakit hewan pendidikan, RSH Universitas Airlangga terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas pelayanan medik veteriner bagi masyarakat maupun sebagai sarana penunjang belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Airlangga terutama dalam hal penegakan diagnosa. tidak dapat dipungkiri era digital merupakan tantangan utama dalam setiap sektor industri dan pelayanan salah satunya pelayanan medik veteriner. Saat ini RSHUA telah dilengkapi alat radiology terbaru yaitu Computer Radiology (CR) sebagai fasilitas penunjang dalam mendiagnosa suatu penyakit pada pasien. Alat tersebut melengkapi kebutuhan RSHUA seiring dengan meningkatnya jumlah pasien serta kebutuhan akan hasil foto radiology yang lebih baik dibandingkan saat masih menggunakan teknik pencucian film secara manual dengan mencelupkan film kebeberapa larutan. Prinsip kerja dari CR sendiri merupakan penyempurnaan teknik pencucian film X-ray manual dimana proses olah gambar dilakukan secara digital. Plate yang sembelumnya berisikan film digantikan dengan image receptor yang akan dimasukan kedalam scanner untuk dirubah formatnya menjadi digital sehingga hasil foto bisa diatur tingkat kecerahan dan ketajamannya untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik. Output dari CR sendiri bisa berupa gambar digital dengan format .JPG maupun dicetak kedalam film. secara singkat CR merupakan bentuk digital dari foto radiology.

Fasilitas CR sendiri sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum pemilik hewan di  RSH Universitas Airlangga sejak bulan Maret 2017 dengan tarif Rp 150.000 untuk film kecil dan Rp. 250.000 untuk film besar. Gambar yang dihasilkan dari CR memiliki tingkat ketajam lebih baik dibandingkan teknik pencetakan film radiology secara manual yang masih memanfaatkan kombinasi waktu pencucian dan reaksi kimia untuk mengatur tingkat ketajamannya dengan kondisi Kv serta Ma yang sama. hasil foto yang lebih baik memudahkan dalam interpretasi serta meningkatkan akurasi diagnosa penyakit yang diderita pasien. Selain itu, prosesnya yang cepat memungkinkan RSH Universitas Airlangga melayani pemilik hewan dalam jumlah yang lebih banyak khususnya hewan kesayangan mulai dari kucing hingga anjing trah besar. 

                                                              20161024 15134620161128 125337

                                                                                          (A)                                                   (B)

Gambar, Komparasi hasil Computed Radiology (B) dan Manual radiology (A)

Sebagai sarana penunjang pendidikan CR telah digunakan dalam praktikum mata kuliah radiology mahasiswa S1 FKH UNAIR Surabaya dan FKH UNAIR PDD banyuwangi selain menggunakan radiology secara manual sebagai komparasi agar mahasiswa mampu memahami dasar radiology dengan baik dalam menunjang diagnosa. Selain mahasiswa S1, fasilitas tersebut juga dimanfaatkan mahasiswa PPDH (Program Pendidikan Dokter Hewan) selama program koasistensi didepartemen klinik veteriner.

Hits 205

Terpopuler